Sabtu, 04 April 2015

Sinopsis Film Unbroken


Bagi sobat pecinta film-film yang diangkat dari cerita true story atau kisah nyata. ini ada film yang sayang sekali kalo gak ditonton. kalo ada yang pernah nonton film 'Life Of Pi'. kalo di film Life of Pi, ceritanya terkatung-katung di laut lepas selama 36 hari bersama seekor macan. Di film ini ceritanya lebih dramatis lagi. Tokoh utamanya ini terkatung-katung di laut selama 45 hari hanya dengan modal perahu karet. coba bayangin ! 

film Unbroken ini rilis pada tahun 2014 di amerika. film yang disutradarai oleh Angelina Jouli ini diadopsi dari novel true story karya Laura Hillendbrand.

Alur Cerita

Loui Zimperini yang diperankan oleh Jack O'connel  adalah seorang keturunan italia namun ia dan keluarganya tinggal di amerika. kehidupan Zimperini pada masa kecil memang sungguh nakal. walaupun masih anak-anak dia sudah memiliki hobby minum minuman keras. bahkan dia mengecat botol minumannya dengan warna putih. sehingga ketika dia sedang minuman minuman keras. dari jauh tampak seperti sedang meminum susu. pernah suatu ketika dia tertangkap oleh polisi karena kelakuannya. sampai-sampai pernah juga dia dihajar oleh ayahnya karena kenakalannya.

Dalam kondisi yang terpuruk Zamperini berfikir agar bisa menjadi anak yang dapat dibanggakan oleh keluarganya. akhirnya dia pun mengikuti jejak kakaknya sebagai atlit lari. berkat kesungguhannya diapun bisa memenangkan berbagai kejuaraan. sampai-sampai mewakili amerika dalam olimpiade lari.

Saat perang dunia kedua, Zamperini tergabung dalam pasukan udara USA. Dia masuk dalam unit juru ledak bom. Penderitaan Zamperini awalnya dimuali ketika tim nya mendapatkan misi penyelamatan. dia dan timnya seperti biasa menggunakan pesawat pengebom untuk menjalankan misi tersebut. namun na'as terjadi saat pesawat yang dinaikinya tertembak oleh musuh. Dan jatuh di perairan pasifik.

Zamperini berhasil selamat meskipun awalnya kaki Zamperini tersangkut di bagian pesawat tersebut.  Zamperini selamat beserta dua orang temanya yang bernama Mac dan Phil. sedangkan kru yang lainya tewas.

Hari-hari pertama dilaluinya bersama temanya dilaut lepas. hanya dengan modal dua buah perahu karet. dengan Makanan  dan minuman yang serba minim,yaitu dua batang coklat dan satu botol air. dia gunakan untuk 3 orang.

Hampir selama 4 hari dia dan temannya tidak makan. namun pada suatu hari ada seekor burung yang secara tidak sengaja berhenti tepat diatas perahunya. Zamperini yang dalam keadaan lemah pun berusaha dengan temanya untuk menangkap burung itu. untuk dijadikan makanan. akhirnya burung itu tertangkap dan langsung dimakan dalam keadaan mentah. karena tidak terbiasa memakan makanan seperti itu. hasilnyapun zamperini dan dua orang temanya langsung muntah. kemudian Phil, berpikir daging burung itu dijadikan umpan untuk memancing ikan. dan akhirnya dia dan temannya bisa makan dengan ikan mentah hasil pancingan tersebut.

Hari demi hari dilaluinya dilaut, sampai pada suatu ketika ada pesawat yang lewat tepat diatasnya. dia dan temannya pun bergegas untuk menembakkan isyarat tanda untuk meminta bantuan. tragisnya dia tidak mengetahui bahwa pesawat yang lewat itu adalah pesawat musuh. bukan pertolongan yang dia dapat melainkan pesawat tersebut malah menembakinya dengan brutal. yang mengakibatkan perahu karetnya rusak.

Sekitar sebulan terapung dilaut, salah satu temannya meninggal dunia. temannya tersebut bernama Mac. yang akhirnya memaksa Zamperini dan Phil membuang mayat Mac di tengah laut.

Genap sudah 45 hari Zamperini dan Phil terapung dilaut hingga membuat badanya kurus. Penderitaannya belum berakhir sampai di situ. Zamperini dan Phil yang sudah tidak berdaya akhinya ditemukan Oleh kapal perang milik Jepang. bukannya diselamatkan malah mereka berdua dijadikan tawanan perang. dan disiksa secara sadis.

sampai akhirnya Zamperini dan Phil dipisahkan. namun keduanya dikumpulkan dengan tawanan lainya. dan mendapat penyiksaan yang lebih kejam oleh tentara Jepang.

Singkat cerita, setelah peperangan usai. para tawanan ini dilepaskan. namun banyak diantara mereka mengalami depresi. selang beberapa puluh tahun kemudian keadaan dunia kian tentram. Zamperini yang kini sudah tua mendedikasikan hidupnya untuk mendekatkan diri pada tuhan. karena dia menganggap bahwa tuhannya lah yang menyelamatkan dirinya. Zamperani tidak merasa dendam dengan orang-orang yang menyiksanya pada waktu itu.

zamperini mantan atlit olimpiade lari yang namanya terkenal pada saat itu. diberi kesempatan untuk membawa obor olimpiade dengan berlari di jepang tempat dia dikarantina dahulu.

film ini jika ditonton sangat menginspirasi saya tentunya. ada banyak pesan moral yang disampaikan di dalam film ini. salah satunya ialah semangat hidup dan kesetiakawanan.



2 komentar: